Penyakit Katup Jantung

Katup jantung sering disebut klep jantung merupakan organ yang mekanisme kerjanya sama seperti gerbang 1 arah pada jantung.

PENGETAHUAN – Katup jantung berfungsi menjaga aliran darah yang asalnya dai jantung dan bisa mengalir dengan baik.
Ada empat pada katup jantung
1. Katup Mitral, yang terletak diantara serambi kiri dan bilik kiri.
2. Katup Aorta, terletak diantara bilik kanan dan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke aorta (Pembuluh darah terbesar dalam diri manusia) membawa darah berisi oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.
3. Katup Triskupid, terletak pada serambi kanan dengan bilik kanan.
4. Katup Pulmonal, terletak pada bilik kanan dengan pembuluh darah paru-paru (arteri pulmonaris). Pembuluh darah yang membawa darah ke paru-paru unruk memperoleh oksigen.

PENYEBAB PENYAKIT KATUP JANTUNG


Ada dua gangguan utama pada katup jantung, antara lain;
• Insufiensi Katup Jantung / Regurgitasi.
Gangguan ini banyak dikenal dengan istilah katup jantung bocor. Kondisi ini adalah kondisi dimana katup tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan darah yang kaya oksigen seharusnya dipompa ke seluruh tubuh, karena kegagalan fungsi katup maka darah tersebut kembali ke jantung. Ini menyebabkan dberkurangnya darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. Dan dapat memicu kerusakan otot jantung. Penyakit ini dapat menyerang kke empat katup.

• Stenosis katup jantung
Jika regurgitasi tadi adalah kondisi dimana katup tidak dapat menutup dengan sempurna. Maka pada gangguan ini katup tidak dapat membuka. Ini diakibatkan katup menjadi kaku, saling menempel, menebal. Kondisi seperti ini akan membuat darah tidak dapat menuju ruangan selanjutnya. Karena itu otot jantung harus memompa lebih keras. Dalam kondisi katup seperti ini, penyakit yang mungkin terjadi iti gagal jantung. Penyakit ini juga dapat menyerang ke empat katup.

GEJALA PENYAKIT KATUP JANTUNG
• Nyeri dada
• Pusing
• Kelelahan
• Gangguan irama pada jantung
• Pingsan
• Sesak napas
• Batuk darah
Pemeriksaan kedokter adalah hal yang tepat jika anda mulai merasakan hal-hal diatas. Karena lebih baik mendeteksi penyakit berbahaya daripada mengobati ketika sudah terlanjur.

Leave a Comment

Filed under kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *