Penderita diabet apa boleh minum madu ?

Kita ingatkan lagi bahwa penyakit diabetes melitus adalah penyakit permanen yang tidak bisa disembuhkan, setidaknya sampai saat ini. Namun kita masih bisa untuk mengendalikan lonjakan gula darah dalam tubuh agar tidak mengakibatkan komplikasi yang lebih fatal lagi. Ada satu pertanyaan yang banyak diajukan baik oleh penderita diabetes itu sendiri maupun dari kalangan umum tentang bolehkah seorang diabetisi minum madu ? Bukankah penderita diabetes harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman manis ?  Yuk kita pelajari dulu lebih lanjut.

Pada dasarnya kondisi diabetes melitus ini adalah suatu kondisi kelainan metabolisme yang dimanifestasikan dengan lonjakan kadar glukosa dalam darah. Artinya terjadi penumpukan gula yang berlebihan. Gula yang tidak diolah menjadi energi dan disalurkan ke seluruh sel-sel tubuh. Mengapa demikian ? Jawabnya bisa  bermacam-macam. Baca kelanjutannya ya…

Penyebab diabetes melitus :

  • Defisiensi insulin. Terjadi kekurangan pasukan insulin dalam meramu gula menjadi energi. Dimana terjadi ketidakseimbangan jumlah gula berlebih dibandingkan dengan jumlah insulin yang kurang.
  • Resistensi insulin. Jumlah insulin cukup, namun tidak berdaya mengolah gula menjadi gula.

Yang harus kita perhatikan disini, apakah semua makanan manis berujung tragis menjadi diabetes ? Tidak semua. Kita cari tahu dulu bahwa gula adalah karbohidrat sederhana yang dengan mudah dipecah oleh tubuh menjadi glukosa, sementara madu adalah karbohidrat kompleks yang lebih sukar untuk dipecah sehingga penumpukan glukosa yang disebabkan madu tidak akan secepat itu terjadi. Namun  kita pun tidak bisa langsung menjawab bahwa penderita diabetes boleh mengkonsumsi madu begitu saja. tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter nanti yang akan menentukan boleh tidaknya seorang diabetisi minum madu atau tidak. Hal ini pun tergantung dari seberapa tinggi kadar gula dalam darah yang diketahui melalui pemeriksaan darah.  Banyak research menerangkan bahwa madu aman untuk diminum seorang diabetes, asalkan dalam jumlah yang wajar dan sedikit. Tapi tetap harus waspada untuk selalu melakukan pemeriksaan darah agar tidak kecolongan bila tiba-tiba kita tersadar bahwa kadar glukosa sudah melebihi batas normal.

Leave a Reply